TAGS: tracerstudyUnimus

Semarang – (4/11/21) Unimus Career Development Center (UCDC UNIMUS) mengikuti kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program Bantuan Fasilitasi Pelaksanaan Tracer Study Tahun 2021, bertempat di Ruang Rapat 209 Gedung Rektorat Unversitas Muhammadiyah Semarang. Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan monev oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset, dan Teknologi adalah untuk melaksanakan pemantauan dan evaluasi bagi Perguruan Tinggi penerima Bantuan Program Fasilitasi Pelaksanaan Tracer Study Tahun 2021. Kegiatan monitoring dan evaluasi dilaksanakan secara hybrid. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor Bidang III (Dr. Techn. Samsudi Rahardjo, MM. MT) dan Ka UPT UCDC (Sukojo, S.S) serta Tim Tracer Study Unimus, Tim Reviewer Dirjen Belmawa Dikti Suryaning Dewanti dan Ahmad Zuliansyah, serta Dr. Ied Veda R. Sitepu, SS, MA, Dr. Ruddy J. Suhatril, S. Kom, MSc. dan Prof. Drg. Sandra Fikawati, MPH., hadir secara daring.

Tim Reviewer Dirjen Belmawa Dikti Suryaning Dewanti dan Ahmad Zuliansyah
Wakil Rektor Bidang III (Dr. Techn. Samsudi Rahardjo, MM. MT) dan Ka UPT UCDC (Sukojo, S.S)

Kepala UPT Pusat Pengembangan Karier (Sukojo, S.S) menyampaikan bahwa hasil Tracer Study alumni Unimus lulusan tahun 2020 telah mencapai 86% dari total 1.227 alumni yang dilacak. Hasil pelacakan tracer study menunjukkan 76% alumni Unimus tahun 2020 telah memasuki dunia kerja, keselarasan horisontal yaitu hubungan antara bidang studi dengan pekerjaan mencapai 72%, dan keselarasan vertikal yaitu kesesuaian tingkat pendidikan dengan pekerjaan sebesar 86%. Sedangkan response rate pada alumni lulusan tahun 2019 mencapai 95% dari total 1.448 alumni yang dilacak. Hasil pelacakan tracer study menunjukkan 79% alumni Unimus tahun 2019 telah memasuki dunia kerja, keselarasan horisontal sebesar 95%, dan keselarasan vertikal sebesar 73%. Hal ini menunjukkan bahwa keterserapan alumni Unimus di dalam dunia kerja sangat baik.

 

Prof. Drg. Sandra Fikawati, MPH selaku reviewer telah menerima presentasi hasil perkembangan pelaksanaan Program Bantuan Fasilitasi Tracer Study Unimus Tahun 2021, dan meminta untuk melanjutkan segala proses setelahnya yaitu melengkapi berkas untuk keperluan pembuatan Laporan Akhir dan pengajuan pendanaan bantuan tahap 2.

Author

Pusat Pengembangan Karir Universitas Muhammadiyah Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published.