TAGS: tracerstudyUnimus

Bali – (7/12/2021) Dalam rangka pelaksanaan Program Bantuan Tracer Study Tahun 2021, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi menggelar Seminar Internasional “Experience and Findings on Graduate Surveys” dan Seminar Hasil Bantuan Program Fasilitasi Pelaksanaan Tracer Study Tahun 2021.  Universitas Muhammadiyah Semarang sebagai salah satu penerima Hibah Tracer Study, diwakili oleh Sukojo, S.S (Kepala UPT Pusat Pengembangan Karir UNIMUS) selaku ketua tim hadir dalam seminar tersebut untuk mempresentasikan hasil tracer study alumninya.

Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari terhitung mulai tanggal 4 – 7 Desember 2021 yang bertempat di Grand Hyatt Kuta, Bali. Kegiatan di buka oleh Ditjen Diktiristek, dilanjutkan dengan Seminar Internasional Tracer Study di dunia antara lain disajikan oleh pembicara pertama René Kooij ISTAT (Institute of Applied Statistics Cologne, Germany) dengan paper Questionnaire Development and Data Quality in Tracer Studies dan pembicara kedua Harald Schomburg, Senior Consultant, h.schomburg@qtafi.de www.qtafi.de, Germany, dengan paper Tracer Studies Revisiting Outcome and Quality of Training Programs (Overseas Experience). Hari kedua dilanjutkan dengan sesi presentasi oleh sebagian universitas yang ditunjuk oleh panitia. Dari 259 peserta, hanya 100 peserta yang diberikan waktu untuk presentasi.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh alumni Unimus yang telah berpartisipasi mengisi kuesioner Tracer Study. Data yang saudara berikan akan menjadi umpan balik untuk meningkatkan atau mengetahui outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja, serta merupakan output pendidikan yaitu penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi, proses pendidikan berupa evaluasi, proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap pemerolehan kompetensi. Ke depan saya berharap bisa melaksanakan proses Tracer Study dengan lebih baik lagi sehingga terjadi peningkatan response rate maupun kualitas pelaksanaan Tracer Study”, tutur Sukojo, S.S.

Author

Pusat Pengembangan Karir Universitas Muhammadiyah Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published.