Semarang – (31/12/21) UPT Pusat Pengembangan Karier (UCDC UNIMUS) kembali menggelar Sosialisasi Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka Batch II. Sosialisasi kali ini terasa spesial karena para pembicara langsung berasal dari mahasiswa-mahasiswa yang telah lolos dalam Program MSIB Batch 1 dan telah melalui training khusus oleh Tim Sub Pokja MSIB Kemdikbudristek untuk bisa menjadi trainer. Para mahasiswa tersebut diantaranya Mohamad Febrian dari Universitas Diponegoro yang merupakan Legal Intern di PT Pundimas Berjaya dan Irfan M. Nasution dari Universitas Indonesia mahasiswa intern Data Warehouse Engineer di Gojek Indonesia. Ternyata dengan adanya peer trainer seperti ini, mahasiswa menjadi lebih antusias dan relate dengan apa yang dibahas. Terlihat dari 243 peserta yang berasal dari berbagai program studi di Unimus maupun dari luar Unimus mengikuti kegiatan ini. Dalam kegiatan ini juga hadir Rektor Unimus (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd), Kepala UCDC (Sukojo, S.S),  PIC Program Studi Independen Unimus (Dr. Endang Sri Wahyuni), dan Bapak/Ibu Kepala Program Studi.

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan salah satu bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan. Mahasiswa/i yang mengikuti program tersebut akan mendapatkan banyak benefit seperti, eksplorasi pengetahuan dan kemampuan di lapangan selama lebih dari satu semester, menimba ilmu secara langsung dari mitra berkualitas dan terkemuka, belajar dan memperluas jaringan di luar program studi atau kampus asal, dan mendapatkan kegiatan praktik di lapangan yang akan dikonversi menjadi SKS.

Dalam sosialisasi kali ini, para trainer juga memberikan Pelatihan Pembuatan CV dan Pelatihan Teknik Wawancara. Dengan harapan seluruh mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini, dapat memperoleh pemahaman mengenai Program MSIB Batch 2, terampil dalam membuat CV yang menarik, dan mendapatkan bekal persiapan menghadapi wawancara oleh mitra perusahaan.

Dalam sambutannya, Bapak Sukojo, S.S selaku Kepala UCDC Unimus menyampaikan “dengan semangat Kampus Merdeka kita akan menapaki suatu kegiatan, suatu proses yang akan memberikan pengalaman yang luar biasa yaitu pengalaman belajar di luar kampus dengan mengikuti Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Batch 2 yang dirancang oleh Kemdikbudristek”.

Author

Pusat Pengembangan Karir Universitas Muhammadiyah Semarang

One Comment on “Sosialisasi Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka Batch 2”

  1. Waahh jadi iri sama mahasiswa sekarang, banyak peluang magang yang difasilitasi oleh Kemdikbud, mendapat uang saku, dan yang terpenting mendapat pengalaman secara langsung oleh dedicated mentor dari mitra perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.