Pelatihan atau pengembangan yang dilakukan untuk memperlihatkan kembali kemampuan atau minat seseorang yang berasal dari dirinya sendiri, lebih tepatnya disebut dengan bakat yang dimiliki oleh seseorang.

Secara umum cakupan pelatihan soft skill terdiri dari 2 (dua) cakupan besar yaitu pelatihan untuk meningkatkan keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (INTERPERSONAL SKILL) dan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan seseorang untuk mengatur dirinya sendiri (INTRA-PERSONAL SKILL).

Pelatihan soft skill untuk keterampilan interpersonal skill mencakup pelatihan kepemimpinan, motivasi, komunikasi efektif, presentasi, negosiasi, public speaking, penjualan dan marketing, service excellence, kerjasama tim, problem solving dan lain sebagainya.

Pelatihan soft skill untuk keterampilan intra-personal skill mencakup pelatihan character building, manajemen waktu, manajemen stres, setting goal, menghancurkan mental blok, manajemen perubahan diri, creative thinking, integritas & profesionalisme, Dalam hal ini UCDC UNIMUS memiliki pelatihan soft skill bagi mahasiswa UNIMUS, mempersiapkan mahasiswa UNIMUS siap kerja dan profesional. Pelatihan ini bekerjasama dengan USAID RWAP Sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat Amerika. United States Agency for International Development (USAID) sebagai pelaksana program Indonesia Ready to Work Accelerator Program (RWAP) untuk mahasiswa bidikmisi.